Top Ad unit 728 × 90

Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan Tubuh



Hallo sob, balik lagi nih di blog kebanggaan kita. Kali ini saya akan menjelaskan manfaat dari daun kemangi, siapa sih yang tidak tahu dengan daun yang satu ini? Wanginya yang khas dan rasanya yang segar memang cocok untuk di jadikan lalapan hehe sapa nih sobatku yang suka lalapan kemangi?. Tapi tau gak sih manfaat daun kemangi itu apa sob? Apa kalian cumin doyan makaninnya aja? Tanpa tau manfaatnya? Wah rugi banget dong, mari simak manfaat daun kemangi ya sob.

Di Indonesia, daun kemangi dapat menjadi pelengkap lalapan hingga pelengkap sajian soto loh. Di luar negeri, ternyata daun ini juga kerap digunakan dalam aneka masakan loh sob, keren. Dan ternyata eh ternyata daun ini kaya nutrisi.

Daun kemangi atau lebih dikenal di Negara barat dengan nama basil ini pertama kali di perkenalkan di india lo sob dan telah dikembangkan sejak 5000 tahun lalu. Daun ini juga kerap di gunakan dalam masakan italia loh sob. Tanaman daun kemangi pada umumnya memiliki tinggi sekitar 30-130 cm dan paling tepat tumbuh di area tropis yang panas dan kering. Tanaman ini juga dapat tumbuh di dalam ruangan, meski paling tepat tumbuh di luar ruangan.

Daun berwarna hijau yang memiliki rasa dan aroma yang khas ini juga memiliki banyak jenis lo sob. Dan juga daun ini dapat mengekuarkan aroma yang berbeda tergantung setiap jenisnya, daun ini juga mengandung berbagai zat antara lain : citronellol, linalool, myrcene, ocimene, terpineol, linalyl acetate, fenchyl acetate, trans-ocimene dan lain-lain.

Meski khasiatnya belum terbukti secara pasti, tetapi dalam 100 gram daun kemangi terdapat sekitar:
   Energy sebanyak 22 kJ energy
   Serat sebanyak 1.6 gram
   Karbohidrat sebanyak 2,65 gram
   Lemak sebanyak 0,64 dan Protein sebanyak 3,15 gram

Dan kerena kandungannya yang kaya akan nutrisi, daun kemangi sudah biasa menjadi pilihan tambahan pada sajian sehat dan praktis di Asia loh.

Berikut manfaat daun kemangi:

·         Mengobati Panu

Selain sebagai lalapan, daun ini juga dapat di jadikan solusi untuk mengobati penyakit panu loh, caranya dengan menghaluskan daun kemangi lalu beri sedikit kapur sirih, lalu oleskan pada bagian tubuh yang terkena penyakit panu.

·         Menyehatkan mata dan mulut

Vitamin A dalam daun ini dapat mengobat infeksi mata, meredakan mata yang stress, dan mencegah gangguan pada mati lainnya. Tak hanya itu, selain daun mint, kemangi pun punya efek menyegarka bau mulut jika di konsumsi.

·         Obat penyakit jantung

Kemangi mengandung betakaroten dan magnesium yang baik untuk kesehatan jantung. Betakaroten dan magnesium sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung lo sob.

·         Obat bau badan

Anda bau keringat? Cobalah untuk mengkonsumsi daun kemangi sebagai lalapan selama satu minggu secara berturut-turut dan rasakan khasiatnya

Masih ada banyak lagi manfaat dari daun ini, makanya, jangan sampai melewatkan untuk mengkonsumsinya secara konsisten ya sob. Supaya kesehatan sobatku dapat terjaga, sekaligus menghindari penyakit lainnya.

Demikian manfaat daun kemangi. Namun perlu diingat ya sob konsumsi herbal hanya bersifat penunjang saja. Jika sobatku memiliki masalah kesehatan yang lebih serius, adakalanya anda perlu berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan pengobatan yang tepat.

Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan Tubuh Reviewed by Unknown on July 26, 2018 Rating: 5
All Rights Reserved by Informasi & Manfaat © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.